Rabu, 24 Juni 2020

DOA vs COVID-19

Sebuah perenungan dari merebaknya COVID-19 di Papua

Apakah doa bisa menghilangkan COVID-19 dari PAPUA?
Secara Iman, doa memiliki peran penting dalam setiap aspek kehidupan manusia, namun doa tidak berdiri tunggal dalam iman.

Doa dan kehidupan pendoa harus seiring.
Yakobus 2 : 14 - 26

Saat kita berdoa, ada atmosfir rohani yang berperang di alam roh, yang harus diikuti dengan pola tindakan di alam nyata.
Keluaran 17 : 8 - 16

Perpaduan doa dan pola hidup kitalah yang akan membawa kita mengatasi COVID-19.
Apa yang kita cerminkan dalam perilaku kehidupan kita adalah DOA itu sendiri.

Menyakini bahwa hari-hari ini, semua orang di seluruh dunia lagi berdoa untuk segera keluar dari pandemi COVID-19, dan ini bukanlah sebuah kemustahilan.

Contoh:
1. Berdoa untuk adanya vaksin yang dapat menyembuhkan. Namun jika para ilmuan tidak bekerja untuk menemukan vaksin maka sia-sia. Walau TUHAN punya cara yang terkadang tidak dapat dipikirkan oleh manusia.

2. Berdoa untuk sembuh. Selain berdoa (iman) kita harus mengikuti pola kesehatan yang dianjurkan. Banyak kisah yang terjadi dalam kehidupan para pahlawan iman, bahwa mereka tidak hanya beriman tetapi juga bertindak.

Saat ini kita berdoa, tetapi jika kita tidak menjaga social dan fisical distansing sebagai cara pencegahan, maka kita menjadikan doa kita sebagai remot control yang kita pakai untuk mengontrol TUHAN.

Saat kita berdoa, tetapi kita tidak menjaga pola-pola yang lain (cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker) sama saja kita lagi mencobai TUHAN.

Tuhan Yesus berkata:
Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.
Matius 17 : 21

Berpuasa, bukan sekedar menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan keinginan untuk hal-hal yang menabrak social distansing dan fisical distancing.


Sebagai orang beriman dan mempercayai TUHAN, maka berdoa adalah pola hidup.
Dalam menghadapi pandemi COVID-19, sebagai orang beriman berdoa adalah keharusan namun keharusan ini harus diiringi dengan keharusan lainnya yang sama penting yakni mematuhi tata aturan pencegahan COVID-19, maka kita akan melihat PERTOLONGAN TUHAN.

Merauke, 24 April 2020.
Sefnat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berjalan bersama TUHAN - Part 7

Menjadi Manusia BARU Efesua 4 : 17 - 32 Oleh : Ps. Sefnat JD. Lobwaer. Kehidupan yang diberikan oleh TUHAN YESUS sebagai anugerah bagi manus...