Rabu, 24 Juni 2020

Dipilih tapi tidak PEKA

Matius 26 : 36 - 46

Matius 26:37 (TB)  Dan Ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus serta-Nya. Maka mulailah Ia merasa sedih dan gentar,

https://alkitab.app/v/b0fa363e9109

Dalam kehidupan ini, terkadang kita dipilih untuk menjadi bagian terpenting dalam perjalanan sebuah peristiwa.

Ke tiga murid YESUS dipilih menjadi tempat curahan kegelisahan Yesus sebagai manusia yang membutuhkan sahabat, namun mereka tidak peka dengan situasi.

Situasi saat COVID-19, kenapa mereka yang masuk dalam kategori ODP dan PDP tidak mau melaporkan diri bahkan ada yang positif melarikan diri?
Hal ini disebabkan karena stigma buruk di masyarakat terkait COVID-19 dan empati sesama hanya sebatas ungkapan kasihan tanpa perbuatan nyata.

Terkadang mereka membutuhkan tempat untuk curhat, mengungkapkan kegelisahan hati mereka tapi kita tidak peka.

Ketahuilah jangankan PDP, Suspec atau Positif, menjadi ODP saja sangatlah berat secara psikis. 14 hari merupakan perjuangan yang sangat berat.
Anda bisa membayangin, yang selama ini bisa memeluk pasangannya tanpa takut, kini setelah menjadi ODP harus menjaga jarak 1 sampai 2 meter saat berkomunikasi dengan pasangan yang dicintainya, tidak bisa mengelus kepala anak-anaknya untuk memberikan kenyamanan sepertia biasanya diwaktu mau tidur atau bangun tidur.

Selama ini tidur seranjang dengan pasangannya, harus memutuskan untuk mengisolasi diri demi menjaga pasangan, anak dan orang-orang dicintainya.

Sedih, takut, dan kegelisahan selalu membayangi perjalanannya dengan harap-harap cemas menanti mentari berganti mentari.

Perasaan beraduk antara harapan dan ketakutan.

Kehidupan begitu berubah dalam penantian 14 hari, tapi kemudian kehilangan kekuatan karena stigma buruk yang terjadi.

Refleksi.
Saat ini, mari sebagai Gereja; kita membangun kepekaan sosial, dengan cara mengedukasi sesama kita untuk mendukung secara moral mereka yang berada dalam perjuangan karena status COVID-19 agar mereka dapat melewati hari-hari perjuangan mereka dengan kemenangan.


Merauke, 9 April 2020
07:06
Ps. Sefnat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berjalan bersama TUHAN - Part 7

Menjadi Manusia BARU Efesua 4 : 17 - 32 Oleh : Ps. Sefnat JD. Lobwaer. Kehidupan yang diberikan oleh TUHAN YESUS sebagai anugerah bagi manus...