Minggu, 13 September 2020

Proses Allah dalam Hidup Kita - Part 3

 

Matius 4 :  23 - 25

MISI SEJATI GEREJA di ERA SEKARANG; Belajar dari Pola YESUS.

 

Berbicara tentang RENCANA ALLAH melalui GEREJA maka kita harus menyadari tentang DOA TUHAN YESUS.

YOHANES  17 : 9 - 23.

Dan menjadi ayat-ayat kunci adalah;

Ayat 14. AKU tidak meminta , supaya ENGKAU mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya engkau melindungi mereka dari pada yang jahat.

Ayat 18. Sama seperti ENGKAU mengutus AKU ke dalam dunia, demikian pula Aku mengutus mereka kedalam dunia.

 

Hal yang harus dipahami benar oleh GEREJA, bahwa GEREJA dibangun diatas PEWAHYUAN ALLAH dan alam maut tidak akan menguasainya. Matius 16 : 18.

 

Semasa YESUS hidup di bumi, Yesus menyelesaikan karya BAPA yang mengutus-NYA,

Yohanes 17 : 18 YESUS mengutus kita sama seperti BAPA mengutus DIA.

MISI YESUS adalah penyelamatan manusia, misi ini bukan hanya sekedar penyelamatan di akhirat nanti tetapi juga semasa manusia hidup di bumi ini, artinya penyelamatan secara komprehensip/menyeluruh.

 

Hal-hal yang dikerjakan YESUS dalam Matius 4:23-25 harus menjadi bagian utuh GEREJA TUHAN ERA SEKARANG.

 

  1. Mengajar dalam rumah-rumah ibadah.
  2. Memberitakan injil kerajaan Allah.
  3. Melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

 

HAL YANG HARUS ADA di GEREJA

 

  1. MENGAJAR.

Tujuan Pengajaran adalah untuk menjadikan manusia tahu dan mengenal ALLAH.

Alkitab dalam HOSEA 4:6  Umat-KU binasa karena tidak mengenal ALLAH, karena engkau menolak pengenalan itu maka AKU menolak engkau menjadi umat-KU, dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka AKU juga akan melupakan anak-anakmu. Band KPR 2 : 42

 

Pengajaran juga bertujuan untuk merubah pola pikir dan pola tindak manusia. Terjadi perubahan karakter.

 

Setelah kita mengenal ALLAH maka kita dituntut hidup sesuai dengan kehendak ALLAH, artinya kekristenan kita mencerminkan kehidupan Kristus karena kita adalah suratan Kristus yang terbuka dan dapat dibaca oleh semua orang.

 

Pengajaran yang benar dalam rumah-rumah ibadah sangat penting karena pada akhir jaman akan muncul guru-guru palsu dan kebenaran dimanipulasi untuk kenyamanan telinga pendengar. 2 Timotius 4 : 3  4

 

Pengajaran yang benar menjadikan Gereja sebagai saluran kebenaran yang menghidupkan. Yoel 3 : 18

 

Implementasi dari pengajaran dalam GEREJA adalah BERBUAH di luar Gereja.

 

 

  1. Memberitakan Injil.

Berbicara tentang injil kerajaan Allah berarti:

Berbicara tentang Kebenaran Allah dan Kekuasaan Allah.

Tujuannya adalah untuk memerdekakan orang dari belenggu dosa.

Roma 1 : 16 sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam injil, karena injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya..........

Yang menjadi persoalan, umat Tuhan banyak berbicara tentang injil kerajaan Allah hanya di dalam gereja atau pada ibadah-ibadah  saja, ini merupakan persoalan serius gereja sebagai penerima dan implementasi dari amanat agung Tuhan Yesus.  Matius 28 : 19  20.

 

Kerajaan Allah adalah KEBENARAN, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

Nuansa inilah yang dinginkan Tuhan Yesus terjadi di bumi ini. Doa yang di ajarkan YESUS ".......datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di Sorga........" mencerminkan kerinduan yang besar dari hati ALLAH akan nuansa Sorgawi terjadi di bumi ini,  itulah sebabnya YESUS memberitakan injil kerajaan ALLAH. Lihat 2 Tim 3 : 16.

 

Manifestasi dari kerajaan Allah di tengah masyarakat luas adalah kehidupan sosial masyarakat yang damai, dan berani berbicara tentang kebenaran hakiki.

 

Disamping itu, masyarakat hidup jauh dari rasa takut, karena situasi; sukacita kita  adalah abadi. Yohanes 14:17 band Yoh 15:10-11

 

Ini merupakan tanggung jawab Gereja untuk menghadirkan kerajaan ALLAH di tengah-tengah kehidupan sosial masyarakat sebagai pembuktian diri sebagai DUTA KERAJAAN ALLAH atau UTUSAN KRISTUS.

 

  1. Melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

Kedua hal di atas berhubungan langsung dengan kehidupan relegius, maka point yang ketiga  ini bersentuhan langsung dengan kehidupan manusia secara jasmani. Yesus tidak hanya berbicara tentang hal-hal rohani tetapi juga bertanggung jawab terhadap jasmani atau kehidupan sosial manusia.

Kehidupan sosial manusia inilah yang terkadang dilupakan oleh gereja.

Menyadari bahwa sampai saat ini, mujizat itu masih ada dan nyata dalam iman kristiani maka tidak dapat diragukan bahwa Allah sanggup melenyapkan segala penyakit dan kelemahan melalui Gereja Tuhan.

 

Matius 4:23c Penyakit jasmani dan sosial

Gereja kehilangan kekuatan untuk bersuara walau gereja mempunyai kekuatan, padahal gereja merupakan jawaban yang tepat bagi masalah-masalah sosial. Dimanakah gereja saat ini tatkala semua segi kehidupan sosial masyarakat menjadi kacau balau dan membutuhkan sentuhan kasih ALLAH.

 

Gereja hadir sebagai saluran KASIH ALLAH bagi kehidupan setiap manusia, sudah sewajarnya Gereja mengambil peran aktif dalam setiap aspek kehidupan sosial bermasyarakat dan mengalirkan KASIH ALLAH kepada semua yang membutuhkan kasih ALLAH.

 

Dampak dari ketiga hal ini adalah banyak orang yang mengikuti Yesus, banding KPR 2:47.

Aplikasi kehidupan Gereja adalah mencontohi pola Yesus dalam kehidupan kita sehingga kerajaan ALLAH diperluas dan YESUS dipermuliakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berjalan bersama TUHAN - Part 7

Menjadi Manusia BARU Efesua 4 : 17 - 32 Oleh : Ps. Sefnat JD. Lobwaer. Kehidupan yang diberikan oleh TUHAN YESUS sebagai anugerah bagi manus...